Pasolle.id – Jika menyebut Selayar, jangan lupa Taka Bonerate. Taman Nasional Taka Bonerate berada di ruas utara Laut Flores. Berada di antara Pulau Bonerate serta daratan utama Pulau Selayar.

Jika Pulau Bonerate mahsyur sebagai lokasi pembuatan perahu berbahan kayu bitti oleh warga pulau-pulau di sekitar, maka gugus pulau-pulau Bonerate, atau Taka Bonerate adalah surga rekreasi kelautan.

Hiu dan pengunjung di Taka Bonerate (dok: Saadduddin)
Hiu-hiu teman kita

Taka Bonerate dulunya disebut kepulauan Macan karena seringnya menjadi ancaman bagi pelaut. Pulau kecil, gusung pasir hingga rataan terumbunya kerap mengandaskan perahu atau kapal pelintas barat-timur, selatan-utara.

Nah, karena merupakan gugusan pulau pasir, ada 21 pulau di sana, ada berpenghuni, ada yang tidak. Salah satu pulau yang selama ini dijadikan lokasi wisata adalah Pulau Tinabo.

Saat ini, selain karena memiliki pasir pantai yang halus, putih dan bersih, ada pula tontonan menarik di sana, apa itu?

Apalagi kalau bukan menyaksikan anak-anak hiu bermain di tepi pantai. Jika kita ke pantai maka letaknya persis di depan mata. Puluhan hiu akan bermain di depan kita, apalagi jika diberi makanan.

Selain itu, jika ingin rekreasi snorkeling atau penyelaman, di sekitarnya ada beragam dive spots, sebutlah Ibel Orange Spot, Acropora Point, dan Corina Corner. Lokasi ini layak dijajal karena mempunyai beragam spesies karang, aneka warna.

Jika ingin lebih menantang, silakan di utara Pulau Latondu, hiu-hiu ukuran besar, menanti Anda. (*)

(Penulis: K. Azis)



Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *